Tips Cara Berbuka Puasa Yang Sehat

'untuk kode iklan
Dari Anas bin Malik ia berkata : “Adalah Rasulullah berbuka dengan Rutab (kurma yang lembek) sebelum shalat, jika tidak terdapat Rutab, maka beliau berbuka dengan Tamr (kurma kering), maka jika tidak ada kurma kering beliau meneguk air. (Hadits riwayat Ahmad dan Abu Dawud) Nabi

Muhammad Saw berkata: “Apabila berbuka salah satu kamu, maka hendaklah berbuka dengan kurma. Andaikan kamu tidak memperolehnya, maka berbukalah dengan air, maka sesungguhnya air itu suci.”

Pasti sudah tau maksud dari Hadits diatas kan....
Nah kali ini kita akan membahas masalah Berikut Tips cara berbuka puasa yang sehat.

Bagi anda yang menjalankan ibadah puasa, ketika waktu telah menunjukkan saatnya untuk berbuka puasa adalah waktu yang sangat di tunggu-tunggu. Kurang lebih 14 jam kita menahan haus dan lapar, dan harus di sadari bahwa hal tersebut adalah suatu kewajiban bagi umat muslim untuk melakukan puasa. Namun ketika waktunya buka puasa telah tiba, tak jarang diantara kita yang terlupa untuk menyantap makanan ataupun minuman tanpa memahami bagaimana kondisi tubuh kita setelah berpuasa untuk menahan haus dan lapar.

Agar tubuh Anda dan keluarga tetap fit dan sehat saat berpuasa, maka belajarlah cara buka puasa yang baik dan benar. Dengan demikian, puasa kali ini tidak akan terlewatkan karena sakit.
Ada sebagian orang telah melakukan kesalahan saat berbuka puasa. Rasa lapar karena puasa sering dilampiaskan saat berbuka puasa. Padahal berbuka puasa tidak boleh banyak dan tidak terlalu terburu-buru. Cara tersebut salah karena bisa membuat sistem pencernaan jadi terganggu.


Nah untuk menjaga kondisi tersebut kita harus mengetahui cara berbuka puasa yang sehat. Mau tau apasaja cara berbuka puasa yang sehat.....??

Berikut Tips cara berbuka puasa yang sehat :
  1. Makanan/Minuman manis Setelah selesai berdoa, awalilah dengan memakan atau meminum yang manis. Makanan yang mengandung gula sangat bermanfaat untuk meningkatkan tenaga dan juga mencegah asam lambung. Meskipun dianjurkan, konsumsi secukupnya saja agar makanan lain bisa masuk dalam perut.
  2. Jangan langsung minum air dingin (es) Berbuka dengan minuman yang dingin hanya akan membuat perut yang kosong menjadi kembung. Karena air dingin akan membuat asam lambung meningkat. Disarankan untuk mengkonsumsi minuman hangat.
  3. Istirahat sebentar Setelah meminum takjil (manisan), sebaiknya jangan langsung makan nasi atau yang lainnya. Perut butuh istirahat untuk menyesuaikan diri. Selama waktu istirahat, Anda bisa menjalankan shalat Maghrib terlebih dahulu barulah setelahnya makan nasi dan hidangan lainnya.
  4. Jangan makan terlalu banyak Meski perut terasa lapar, tetap berbukalah dengan cara perlahan dan tidak berlebihan. Makanlah makanan secukupnya agar tidak kekenyangan dan perut bisa lebih santai dalam mencerna makanan. Ini juga akan menghindari rasa kantuk saat shalat Isya. Jika lapar lagi, Anda bisa makan sehabis shalat Tarawih.
  5. Jangan tidur terlalu malam Setelah berbuka puasa dan shalat Tarawih, sebaiknya jangan tidur terlalu malam. Tubuh butuh waktu yang cukup untuk tidur. Apalagi pada dini hari nanti, Anda akan kembali bangun untuk makan sahur.
 Rasa haus sudah hilang, sebaiknya jangan langsung makan. Ada baiknya anda memberikan waktu sesaat untuk lambung anda menyesuaikan terhadap minuman yang sudah anda konsumsi. Ya.., mungkin anda bisa sholat maghrib dulu, kemudian baru makan.
Kemudian, silahkan anda santap hidangan yang telah tersedia. Dan yang terpenting, kontrol emosi. Jangan sampai anda makan terlalu kenyang, untuk menghindari perut melilit karena kaget, dan juga untuk menghindari agar anda tetap bisa beraktivitas secara leluasa.
Itulah tips buka puasa untuk penderita maag versi saya. Semoga membantu, dan juga, semoga amal ibadah puasa kita diterima olehNya sehingga menjadikan kita sebagai orang yang menang setelah Ramadhan ini. Amin…
'untik kode iklan'