Tabel Perhitungan Konversi Nilai Kurikulum 2013 ke Kurikulum 2006

'untuk kode iklan

Dalam Kurikulum 2013 terdapat beberapa perubahan dengan kurikulum sebelumnya. Salah satu aspek Perubahan yang terjadi dalam kurikulum 2013 adalah Aspek Penilaian siswa. Sebagai gambaran, pada kurikulum 2013 aspek yang dinilai secara umum adalah 3 aspek sebagai berikut :

a.  Aspek Pengetahuan : Diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang apa yang menonjol terkait kemampuan anak  dalam tiap muatan pelajaran dan apa yang perlu usaha pengembangan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya.


b.   Aspek Keterampilan Diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang apa yang menonjol dan apa yang perlu usaha-usaha pengembangan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya.



c. Aspek Sikap Diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang apa yang menonjol dan apa yang perlu usaha-usaha pengembangan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya.

   Persoalan yang muncul adalah adanya perbedaan penilaian kurikulum 2013 dengan kurikulum 2006. Seperti yang kita ketahui, skala penilaian kurikulum 2013 berskala 1-4 sedangkan, kurikulum 2006 berskala 0-100.    

   Untuk itu, pemerintah telah mengantisipasi hal tersebut dengan mengeluarkan Juknis bersama dirjen pendidikan dasar dan dirjen pendidikan menengah yang mengatur konversi nilai kurikulum 2013 ke kurikulum 2006. Dalam lampiran juknis tersebut, dilampirkan tiga tabel konversi yang dapat digunakan sekolah untuk mengkonversi nilai dari kurikulum 2013 ke kurikulum 2013. Berikut ini adalah lampiran sekaligus tabel konversinya.
  


   Pada tabel 1 keterangan konversi nilai cukup lengkap, tetapi yang menjadi pertanyaan apakah keterangan tersebut hanya berlaku pada tabel 1 (untuk SD) saja atau keterangan tersebut juga berlaku untuk tabel 2 dan tabel 3. Kemudian pada tabel 1 dan tabel 2 konversi nilai kurikulum 2006 menggunakan nilai satuan sedangkan  beberapa sekolah menggunakan nilai puluhan.

Mudah-mudahan Tabel Perhitungan Konversi Nilai Kurikulum 2013 ke Kurikulum 2006  ini dapat menambah pemahaman kita dan semoga bermanfaat



'untik kode iklan'