Pengertian dan Proses Terjadinya Gerhana Matahari

'untuk kode iklan

Pengertian Gerhana Matahari   |   Proses Terjadinya Gerhana Matahari


Pengertian Gerhana

Gerhana adalah suatu peristiwa fenomena alam yang terjadi di luar angkasa yaitu proses tertutupnya sebuah objek disebabkan adanya benda/objek yang melintas di depannya. Kedua objek yang terlibat dalam gerhana ini memiliki ukuran yang hampir sama jika diamati dari Bumi. Contohnya gerhana Matahari dan gerhana Bulan.

Proses terjadinya gerhana matahari

Gerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan berukuran lebih kecil dari Matahari, bayangan Bulan mampu dan dapat melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer. Gerhana Matahari dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu: gerhana Matahari total, gerhana Matahari sebagian, dan gerhana Matahari cincin.


Bahaya melihat gerhana matahari secara langsung

Jika kita melihat Gerhana Matahari secara langsung tanpa memakai alat dapat berbahaya bagi mata kita karena dapat membuat retina kita akan rusak bahkan dapat membuat mata rusak secara permanen sehingga dapat mengalami terjadinya kebutaan. Hal ini terjadi karena radiasi yang tinggi namun tidak kelihatan oleh mata kita.
'untik kode iklan'