Cara Menghilangkan Komedo | Tips Cara Menghilangkan Komedo

'untuk kode iklan
Komedo sering kali ngeganggu kita, apalagi bagi para kaum hawa. Komedo juga sudah menjadi masalah yang paling besar yang harus di hilangin sesegera mungkin karena takut mempengaruhi penampilan. Biasa lah.. Namanya juga cewek. Pasti ingin slalu terlihat ”ok n Perfect” dihadapan orang-orang, apalagi kaum adam. Untuk itu, para cewe berusaha semaksimal mungkin buat ngehilangin yang namanya komedo itu apapun caranya.
Naahh.. Kali ini kita bakalan membahas bagaimana sih cara-cara ngilangin komedo itu. Tapi sebelum ke sana, kita harus tau dulu, Apa sih yang namanya komedo itu? Lalu, apa penyebab munculnya komedo itu?
Komedo merupakan kotoran penyumbat pori-pori yang berbentuk kecil, berwarna hitam atau berwarna putih. Dengan adanya komedo, wajah halus terlihat kotor dan kusam, dan terlihat tidak menarik. Komedo pun muncul akibat terjadinya penumpukan minyak berlebih, serta sel kulit mati. Saat kita sedang membersihkan wajah, komedo pun sering terabaikan. Ada dua istilah komedo, yaitu komedo ‘blackhead’ dan whitehead’.
Komedo yang terbuka disebut juga “blackhead”, terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Perlu diketahui bahwa yang berwarna hitam itu bukan kotoran; sebenarnya itu adalah penyumbat pori yang berubah warna karena teroksidasi dengan udara.
Komedo yang tertutup disebut juga sebagai “whitehead”. Komedo tersebut memiliki kulit yang tumbuh diatas pori-pori yang tersumbat; sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil-kecil di bawah kulit.
Penyebab komedo yaitu sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Bila kita tidak meng-exfoliate kulit wajah secara berkala, maka sel-sel kulit mati menumpuk di kulit. Meng-expoiate bisa dilakukan dengan scrub, cuci muka dengan waslap, memakai sabun yang mengandung salicylic acid (AHA/BHA, dan lain-lain). Minyak di permukaan kulit kemudian menutup sel-sel kulit, sehingga terjadilah penyumbatan. Make-up dan produk penataan rambut yang mengandung minyak dapat memperparah keadaan. Berkeringat dan udara yang panas dan lembap dapat juga menyumbat pori-pori.
Nah….Sekarang sudah tau dan mengerti kan yang namanya komedo dan penyebab munculnya komedo itu.
Sekarang kita mulai saja yuk ke bahasannya, berikut ada beberapa tips atau cara ngehilangin komedo yaitu :
1. Hindari penggunaan kosmetik berbentuk krim dan minyak yang bisa meningkatkan peluang terjadinya komedo.
2. Berikan wajah Anda uap setidaknya seminggu sekali. Tempatkan wajah Anda di atas mangguk berisi air mendidih agar uap air menyentuh kulit wajah. Untuk mendapatkan uap secara maksimal, tutup kepala Anda dengan handuk. Lalu, gunakan campuran madu dan gula untuk melakukan scrubbing. Cara ini bakalan ngilangin komedo sekaligus melembutkan kulit Anda.
3. Pengelupasan merupakan langkah penting untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Ini membantu menyingkirkan kulit mati yang menimbun di pori-pori kulit penyebab komedo dan jerawat.
4. Bagi anda yang kulitnya berminyak, cobalah gunakan masker yang berbahan tanah liat guna mengurangi minyak di kulit. Pilih masker yang tidak mengandung mint, peppermint atau bahan penyebab iritasi lain. Lebih baik memakai bahan-bahan yang tak mengandung tambahan aroma.
5. Buatlah masker pembasmi komedo dengan mencampur air jeruk nipis, minyak almond dan gliserin. Oleskan pada wajah selama beberapa menit. Ini tidak hanya akan membantu mengurangi komedo, tetapi juga menyingkirkan noda hitam bekas jerawat pada wajah.
6. Lembabkan wajah dengan menempelkan kain basah hangat setiap malam selama 15 menit. Ini akan mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran, dan partikel lainnya menyumbat pori-pori. Setelah digunakan, rebus kain dalam air mendidih untuk membunuh kuman dan bakteri.
7. Hangatkan sedikit madu lalu oleskan pada wajah yang berkomedo. Cuci wajah setelah 10 menit. Madu bertindak sebagai pelembab alami sekaligus mengangkat komedo.
8. Oleskan putih telur ke wajah yang berkomedo, lalu tempelkan tissue ditempat yang telah diolesi putih telur tersebut. Tunggu beberapa saat sampai putih telur tersebut kering. Setelah kering, buka tissue yg tadi ditempelkan, setelah itu komedo pun akan terangkat dengan sendirinya.
Naahh..
Sudah pada tau kan gimana caranya menghilangin komedo??
Caranya juga gampang kan.. yah semua itu asal kita mau ngelakuinnya dan gak males-malesan. Insya Allah komedo bakalan hilang dari wajah kita.
Dipostingan sebelumnya kita juga sudah membahas masalah Tips Cara Merawat Wajah…silahkan dilanjutkan membacanya untuk menambah wawasan kita semua.
Selamat mencobaa…
'untik kode iklan'