Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

'untuk kode iklan

Surat Lamaran Kerja | Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Kali ini kita akan berbagi idesegar membahas masalah Cara Menulis Surat Lamaran Kerja. Sebenarnya apa sih yang harus kita perhatikan dalam membuat surat lamaran kerja yang baik? Dalam membuat surat lamaran pekerjaan sering kali kita menyepelekan sebuah penulisan kalimat yang bisa jadi akan memperburuk citra anda dimata perusahaan tersebut, lalu bagaimana contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar?

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja ini bertujuan untuk membantu para pencari kerja di Seluruh Indonesia, karena masih banyak pencari kerja yang  masih bingung Bagaimana cara membuat Surat Lamaran sendiri yang baik dan profesional. Misal, info lowongan kerja didapat dari media internet, surat kabar atau koran, majalah, pengumunan, dll.

Banyak perusahaan yang memandang surat lamaran atau cover letter sebagai bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran Anda. Karena itu penting sekali bagi Anda untuk menuliskan surat lamaran yang baik.
Adapun beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam penulisan lamaran kerja  sebagai berikut :
  • Penyesuaian bahasa dalam iklan lowongan pekerjaan, apabila lowongan kerja tersebut menggunakan bahasa inggris ada baiknya anda membuatnya dengan bahasa yang sama.
  • Gunakan ejaan yang baik dan benar.
  • Tunjukan bahwa anda optimis untuk menempati posisi pekerjaan tersebut.
  • Panjang pendek tidak mempengaruhi, asalkan maksud dan tujuan anda dapat di mengerti oleh pembaca.
  • Kerapihan dalam penulisan akan sangat membantu anda.
  • Gunakan font standar, seperti Times Roman dan dengan ukuran font 12.
  • Usahakan Curriculum Vitae (CV) anda tertulis dengan jelas, mulai dari Job Description, Skill atau kemampuan, dan latar belakang pendidikan anda. Uraikan secara sedetail mungkin.
  • Jika anda mengirimkan resume melalui via email, usahakan keseluruhan attachment anda tidak melebihi dari 2Mb. Mungkin anda bisa convert size lampiran gambar yang akan anda cantumkan terlebih dahulu.
  • pastikan Anda menuliskan nama perusahaan yang benar pada surat lamaran Anda. Selain itu perlu juga Anda membuat surat lamaran yang ditujukan pada seseorang. Gunakan nama dan jabatan yang spesifik jika mungkin.
  • Sebutkan dimana Anda mendapatkan informasi tentang lowongan kerjatersebut. Contohnya, Anda bisa menyebutkan bahwa Anda mengetahui lowongan kerja tersebut dari iklan di surat kabar, iklan di Internet, atau dari seorang teman Anda.
  • Pekerjaan Anda sekarang, Ceritakan secara singkat posisi dan bidang pekerjaan Anda saat ini. Anda juga perlu menceritakan secara singkat pencapaian utama Anda dalam pekerjaan tersebut. Agar memberikan gambaran yang lebih baik, berikan informasi secara kuantitatif.
  • Jika latar belakang pendidikan perlu diinformasikan, tuliskan secara singkat pendidikan tertinggi.
  • Di bagian penutup ingatkan pembacanya bahwa Anda mempunyai keinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Ada baiknya Anda menyatakan kapan saat terbaik Anda bisa dihubungi untuk proses selanjutnya. Dan jangan lupa ucapkan “Terima kasih”.
  • Proof Read Proof read artinya membaca kembali seluruh tulisan Anda dan memastikan semuanya sudah benar. Pastikan tidak ada kesalahan pengejaan, tidak ada kata-kata yang diulang atau repetitif, dan tata bahasa (grammar) yang digunakan sesuai. Jika anda menggunakan program MS Word Anda bisa menggunakan spell dan grammar checker.
Demikian bahasan dari kita kali ini tentang cara membuat dan hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja. Semoga Bermanfaat…
'untik kode iklan'