Bahaya Rokok Bagi Kesehatan

'untuk kode iklan
Bahaya Rokok Bagi Kesehatan | Rokok adalah tembakau yang telah di cacah berbalut kertas dan panjangnya mencapai antara 70 hingga 120 mm dengan diameter sekitar 10 mm. Para peacandu rokok menikmatinya dengan cara dihirup melalui mulut pada salah satu ujungnya dengan cara membakar dan membara.
Ada dua jenis rokok, rokok yang berfilter dan tidak berfilter. Filter pada rokok terbuat dari bahan busa serabut sintetis yang berfungsi sebagai penyaring nikotin. Sebenarnya banyak racun-racun yang terdapat pada rokok dan dapat membahayakan kesehatan. Apa saja Racun-racun yang terdapat pada rokok dan apa saja Bahaya Rokok Bagi Kesehatan, mari kita simak info dibawah ini.

Racun Pada Rokok

  1. Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan.
  2. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.
    • Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.
    • Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan.
    • Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.

Bahaya Racun Pada Rokok

Efek racun pada rokok ini membuat pengisap asap rokok mengalami risiko (dibanding yang tidak mengisap asap rokok):
  1. 14x menderita kanker paru-paru, mulut, dan tenggorokan
  2. 4x menderita kanker esophagus
  3. 2x kanker kandung kemih
  4. 2x serangan jantung
  5. Rokok juga meningkatkan resiko kefatalan bagi penderita pneumonia dan gagal jantung, serta tekanan darah tinggi.
Batas Aman. Menggunakan rokok dengan kadar nikotin rendah tidak akan membantu, karena untuk mengikuti kebutuhan akan zat adiktif itu, perokok cenderung menyedot asap rokok secara lebih keras, lebih dalam, dan lebih lama.

Jenis Asap Rokok

Ada dua macam asap rokok yang mengganggu kesehatan.
  1. Asap utama (mainstream), adalah asap yang dihisap oleh si perokok
  2. Asap sampingan (sidestream), adalah asap yang merupakan pembakaran dari ujung rokok, kemudian menyebar ke udara
  3. Asap sampingan memiliki konsentrasi yang lebih tinggi, karena tidak melalui proses penyaringan yang cukup. Dengan demikian pengisap asap sampingan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menderita gangguan kesehatan akibat rokok.

Perokok Pasif

Perokok pasif adalah orang-orang yang tidak merokok, namun menjadi korban perokok karena turut mengisap asap sampingan (di samping asap utama yang dihembuskan balik oleh perokok).
Perokok pasif memiliki resiko yang cukup tinggi atas kanker paru-paru dan jantung koroner, serta gangguan pernafasan. Bagi anak-anak di bawah umur, terdapat resiko kematian mendadak akibat terpapar asap rokok. Setidaknya tercatat 4000 kematian perokok pasif per tahun di US.
Demikinalah info kita kali ini tentang Bahaya Rokok Bagi Kesehatan semoga dapat menambah wawasan kita akan bahaya yang ditimbulkan dari merokok.
'untik kode iklan'